0721250960

kpuprovlampung@qmail.id

Jalan Gajah Mada No.87 Kedamaian, Kota Bandar Lampung

Dialog Pemilu Aksebilitas Pemilih Disabilitas Dalam Pemilu Serentak Tahun 2019

By Admin

19 Feb 2019

375 Pembaca

KPU Provinsi Lampung bekerjasama dengan RRI Bandar Lampung melaksanakan kegiatan Dialog Pemilu Aksebilitas Pemilih Disabilitas dalam Pemilu Serentak Tahun 2019. (Selasa, 19/02/2019). Kegiatan dilaksanakan di UPTD Pelayanan dan Rehabilitasi Sosial Penyandang Cacat Tuna Netra, Dinas Sosial Provinsi Lampung. Kegiatan yang live di Radio RRI Pro1, 90.90 FM Bandar Lampung diikuti oleh Kelompok Disabilitas yang berasal dari Bandar Lampung, Lampung Tengah, Lampung Selatan, Pesawaran Pringsewu dan Tanggamus sebanyak 84 orang. Terdapat 3 Narasumber kegiatan yaitu Ketua Pertuni Lampung, Supron Risdiono, M,Pd.I., Kepala UPTD Pelayanan dan Rehabilitasi Sosial Penyandang Cacat Tuna Netra, Dinas Sosial Provinsi Lampung, Affan Erie Erya, S.H., dan Anggota Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat KPU Provinsi Lampung, Antoniyus S.I.P.
Kepala UPTD Pelayanan dan Rehabilitasi Sosial Penyandang Cacat Tuna Netra, Dinas Sosial Provinsi Lampung, Affan Erie Erya, S.H., menjelaskan bahwa hingga saat ini belum ada yang sosialisasi Pemilu 2019 di UPTD yang ia pimpin sehingga masih banyak pemilih disabilits pemula belum mengetahui tatacara pemungutan suara di TPS, jenis dan bentuk surat suara. Beliau berharap dari kegiatan ini dapat menerima informasi lebih rinci mengenai Pemilu Tahun 2019.
Anggota Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat KPU Provinsi Lampung, Antoniyus S.I.P. menjelasakan bahwa KPU akan memfasilitasi kelompok disabilitas seperti TPS yang ramah misalnya TPS tidak ada tangga, KPU juga membuat Template Surat Suara Calon Presiden dan Wakil Presiden dan Template Surat Suara Calon Anggota DPD. KPU Provinsi Lampung sudah mendata dalam DPT. Jumlah Pemilih disabilitas di Provinsi Lampung untuk Tuna Daksa 1.589 orang, Tuna Rungu 1.040 orang, Tuna Netra 1.362 orang, Tuna Grahita 909 orang dan Lainnya 1.452 orang. Data tersebut masih terus dikoordinasikan dengan stakeholder sehingga data kemungkinan bisa berubah. Pada saat pemungutan suara KPU juga memfasilitasi adanya Pendamping di TPS dengan menandatangani surat pernyataan yang telah disiapkan. (ARN/TKMS)