0721250960

kpuprovlampung@qmail.id

Jalan Gajah Mada No.87 Kedamaian, Kota Bandar Lampung

KPU Lampung Dan RRI Serukan Pemilih Milenilal, Wajib Nyoblos.

By Admin

05 Mar 2019

400 Pembaca

Bandar Lampung, KPU Provinsi Lampung dan RRI Bandar Lampung mengadakan kegiatan Sosialisasi dan Pendidikan Pemilih kepada Pemilih Pemula di Aula Terbuka SMA Perintis 2 Bandar Lampung, Selasa (5/3/2019). Kegiatan yang mengusung tema Pemilih Milinal Wajib Nyoblos menghadirkan narasumber dari KPU Provinsi Lampung, Antoniyus, SIP, Anggota KPU Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat dan Kepala SMK Perintis 2 Bandar Lampung, Finor Zulvaneri. 
Dalam Pemaparannya, Antoniyus menjelaskan bahwa terdapat Perbedaan metode sosilialisasi antara pemilih pemula dengan basis pemilih yang lain. Pemilih Pemula merupakan orang yang pertama kali menyoblos, oleh karena itu memiliki karakteristik tersendiri. Karakteristik Pemilih pemula yaitu dekat dengan teknologi dan melek informasi, sehingga menyebabkan tingkat keingintahuannya tinggi serta rasional. Informasi kepemilian yang banyak tersedia membuat pemilih milenial mengetahuinya. Strategi KPU dalam mensosialisasikan ke pemilih milenial yaitu dengan serangan darat dan serangan udara, serangan darat yaitu pendidikan Pemilih secara langsung seperti pada kegiatan saat ini. Agen agen sosialisasi KPU seperti relawan demokrasi, KPPS, PPS, PPK, KPU Kabupaten Kota dan KPU Provinsi Lampung itu sendiri terus melakukan sosialisasi secara langsung. Yang kedua yaitu seranagn dunia maya yaitu melalui media Internet seperti laman lampung.kpu.go.id, media sosial facebook KPU Lampung, twitter dan Instagram @kpulampung. Sehingga dapat dilihat oleh netizen terutama pemilih pemula.
Kepala Sokalh SMA Perintis 2 Bandar Lampung, memaparkan bawha lebih dari 80% dari 302 siswa/i telah memiliki hak pilih dalam  Pemilu Serentak Tahun 2019. Mereka tersebar dalam kelas baik jurusan IPA maupun IPS. Kegiatan ini diharapkan mampu membuat siswa/i Lebih mantab menyoblos siapa yang akan dijadikan pemimpin yaitu orang-orang yang memiliki kemampuan. 
Salah satu pserta, Ayi, dari Jurusan IPA 1, menanyakan bagaimana cara mencoblos pada saat Pemilihan Umum nanti. 
Cara mencoblos pada surat suara Presiden dan Wakil Presiden Mencoblos sekali pada nomor, nama, foto pasangan calon, atau tanda gambar partai politik pengusul dalam satu kotak, Surat Suara Calon Anggpota DPD yaitu mencoblos se kali pada nomor, nama, atau foto calon dalam satu kolom calon yang sama, dan Surat suara Calon Anggota DPR (Warna Kuning), Calon Anggota DPRD Provinsi (Warna Biru), dan Calon Anggota DPRD Kabupaten/Kota (Warna Hijau) Mencoblos 1 sekali pada nomor,   atau tanda gambar partai politik, dan/atau nama calon partai politik yang sama.
Salsabila dari Jurusan IPA, menanyakan bagaiman cara kami mengetahui calon calon yang akan dipilih?
Daftar calon yang akan dipilih seperti calon Presiden dan Wakil Presiden, Calon Anggota DPR, Calon Anggota DPD, Calon Anggota DPRD Provinsi dan calon Anggota DPRD Kabupaten/Kota dapat dilihat di laman KPU, seperti kpu.go.id, infopemilu.kpu.go.id atau  lampung.kpu.go.id, setelah mengetahui calon calonnya Pahami calon yang akan dipilih. Memilih bukan karena emosional tapi rasional kenali visi misinya, lihat track record atau rekam jejak calon, tentukan pilihan dan gunakan pilihan secara benar. (ARN/Tkms)