0721250960

kpuprovlampung@qmail.id

Jalan Gajah Mada No.87 Kedamaian, Kota Bandar Lampung

Pendidikan Pemilih Di Daerah Partisipasi Rendah

By Admin

06 Mar 2019

409 Pembaca


KPU Provinsi Lampung bersama dengan KPU Tulang Bawang mengadakan kegiatan Sosialisasi dan Pendidikan Pemilih di Daerah Partisipasi Rendah, Rawajitu Timur, Tulang Bawang, Rabu, (6/3/2019). Tulang Bawang dipilih oleh KPU Provinsi Lampung dikarenakan pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Lampung Tahun 2018 diposisi 15 dari 15 kabupaten dengan tingkat partisipasi 66,32% dan di Kecamatan Rawajitu sendiri hanya 26,2%. Rawajitu Timur merupakan daerah terjauh dan paling ujung yabg berbatasan langsung dengan laut jawa di Kabupaten Tulang Bawang. Kegiatan sosialisasi dihadiri olehbmasyarakat sekitar dengan jumlah 115 orang.

Partisipasi Rendah di Kecamatan Rawajitu Timur dikarenakan bertepatan dengan hari libur sekolah dan hari libur lebaran sehingga menyebabkan masyarakat Kecamatan Rawajitu Timur pulang kampung ungkap ketua PPK Rawajitu Timur Sholihin. Selain itu adanya penduduk yang pindah kedaerah lain dan belum mengganti KTP-EL atau mengurus surat pindah membuat jumlah penduduk yang didaerah tersebut berkurang akan tetapi DPT tidak berkurang, karena DPT berdasarkan KTP-EL.

Sememtara itu camat Rawajitu Timur memastikan adanya kerjasama antara Kepala Kampung, Kecamatan, PKK dan PPS yang solid dapat mensukseskan Pemilu 2019. Kepala Kampung di Rawajitu dipastikan Netral untuk menjaga kondusifitas wilayah, kami mendukung sepenuhnya agar pemilu sukses. Target 50% masyarakat menggunakan hak pilihnya pada Pemilu Serentak Tahun 2019.

Handi Mulyaningsih, Komisioner KPU Provinsi Lampung mengungkapkan bahwa 
KPU tidak bisa mencoret nama seseorang dalam DPT jika tidak adanya surat keterangan pindah atau surat kematian, jadi jika alamat KTP-EL masih di Rawajitu Timur maka tetap terdaftar dalam DPT daerah tersebut. Ia juga menjelaskan bahwa Jika terdapat masyarakat yang tidak masuk dalam DPT akan masuk dalam DPK yaitu memilih menggunakan KTP-EL memilih mulai pukul 12 00 WIB sampai pukul 13 00 WIB. "Harus dicermati KTP-EL nya apakah sesuai dengan alamat sesuai dengan alamat TPS"ungkapnya.

Cara mencoblos pada surat suara Presiden dan Wakil Presiden Mencoblos sekali pada nomor, nama, foto pasangan calon, atau tanda gambar partai politik pengusul dalam satu kotak, Surat Suara Calon Anggpota DPD yaitu mencoblos se kali pada nomor, nama, atau foto calon dalam satu kolom calon yang sama, dan Surat suara Calon Anggota DPR (Warna Kuning), Calon Anggota DPRD Provinsi (Warna Biru), dan Calon Anggota DPRD Kabupaten/Kota (Warna Hijau) Mencoblos sekali pada nomor,   atau tanda gambar partai politik, dan/atau nama calon partai politik yang sama.

"Jangan sampai ga nyoblos ya, hari Rabu 17 April 2019, pilihlah pemimpin yang terbaik dari yang baik"pungkasnya. (ARN/TKMS)