0721250960

kpudprovlampung@gmail.com

Jalan Gajah Mada No.87 Kedamaian, Kota Bandar Lampung

Tahukah KAMU.  Tentang SINKRONISASI DP4 ?

By Admin

01 Feb 2020

1464 Pembaca

Tahukah KAMU. 
tentang SINKRONISASI DP4 ? 

Apa itu Sinkronisasi DP4 ?  
Sinkronisasi adalah upaya menyandingkan dua data yang dimiliki oleh Kemendagri berupa Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilihan (DP4) dengan data yang dimiliki oleh KPU yaitu data DPT (Daftar Pemilih Tetap) pemilu atau pemilihan terakhir.  

Perlu diketahui dan dipaham bahwa DP4 berisi data penduduk yang telah memenuhi syarat sebagai pemilih pada saat hari pemungutan suara diselenggarakan. Sedangkan DPT adalah data pemilih pemilu atau pemilihan terakhir yang sudah berdasarkan penempatan lokasi Tempat Pemungutan Suara (TPS) sesuai dengan alamat domisili pemilih.

Dua data ini (DP4 dan DPT terakhir) disingkronkan untuk mendapatkan data pemilih sebagai bahan untuk pemutakhiran secara faktual di lapangan pada saat masa coklit (pencocokan dan penelitian) oleh Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP).  

Sinkronisasi data pemilih (DP4) dilakukan dengan cara menambahkan data pemilih pemula ke dalam DPT Pemilu atau Pemilihan Terakhir.  

Kapan waktu dilakukan sinkronisasi ? 
Masa sinkronisasi data pemilih antara DP4 dan DPT Pemilu atau Pemilihan terakhir dilakukan dari tanggal 26 Januari 2020 sampai dengan tanggal 22 Maret 2020 (selama  57  hari) setelah DP4 diterima oleh KPU RI dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri)  pada tanggal 23 - 25 Januari 2020.

Setelah proses sinkronisasi selesai dilakukan terhadap  DP4 oleh KPU RI, maka KPU RI akan melakukan dua hal yaitu : 
1). menyampaikan hasil analisis dan sinkronisasi DP4 dkepada KPU Propinsi dan KPU Kabupaten/Kota. 
2). mengumumkan hasil analisis dan sinkronisasi kepada masyarakat.
Adapun waktu penyampaian dan pengumuman hasil sinkronisasi DP4 dengan DPT Pemilu atau Pemilihan Terakhir yaitu pada tanggal 21 - 23 Maret 2020. 

Agus Riyanto
(Divisi Data dan Informasi KPU Provinsi Lampung Periode 2019 - 2024)

#PilkadaSerentak2020
#KPUMelayani