0721250960

kpuprovlampung@qmail.id

Jalan Gajah Mada No.87 Kedamaian, Kota Bandar Lampung

Rapat Koordinasi Bakohumas KPU “Peningkatan Peran Dan Eksistensi Bakohumas KPU RI, KPU Provinsi/KIP Aceh Dan KPU Kabupaten Kota

By Admin

04 Mei 2021

65 Pembaca

Bandar Lampung, KPU Provinsi Lampung mengikuti Rapat Koordinasi Bakohumas KPU “Peningkatan Peran dan Eksistensi Bakohumas KPU RI, KPU Provinsi/KIP Aceh dan KPU Kabupaten Kota, Selasa (4/5). Kegiatan yang dilaksanakan secara daring oleh KPU RI ini diikuti oleh KPU Provinsi dan KPU Kabupaten Kota Seleuruh Indonesia dengan total 1000 Partisipan. Personil KPU Provinsi Lampung yang mengikiuti kegiatan yaitu Antoniyus, SIP., MIP Anggota KPU Provinsi Lampung Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat, Lutfi Siasa, SH., MM.. Plt Sekretaris KPU Provinsi Lampung dan Ryan Yudi Andila SubKoordinator Teknis dan Hupmas KPU Provinsi Lampung.


Pemateri Kegiatan berasal dari berbagai praktisi seperti Drs. Bambang Gunawan, M.Si Direktur Tata Kelola dan Kemitraan Komunikasi Publik Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika yang menyampaikan materi mengenai BIROKRASI DAN PROBLEMATIKA  BAKOHUMAS DI ERA DIGITAL, Ferry Kurnia Rizkiyansyah Direktur Eksekutif NETGRIT (Network for Democracy and Electoral Integrity) dengan materi KEHUMASAN DAN PEMILU : Catatan dan Rekomendasi, Endah Tri Handayani  Kepala Bidang Berita LPP TVRI,. selain itu materi juga diisi dari internal KPU yaitu Anggota KPU RI Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat, I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi dengan materi Tantangan Bakohumas KPU RI Dalam Melawan Disinformasi Terkait Kepemiluan dan Sigit Joyowardono Plt Kepala Biro Partisipasi dan Hubungan Masyarakat Ketua Pelaksana Bidang Diseminasi Bakohumas KPU RI dengan materi Peran dan Eksistensi Bakohumas Dalam Meningkatkan Kualitas Kehumasan Di Lingkungan KPU.

"berbicara tentang humas penting sekali bagi sebuah institusi, humas itu menjelaskan kepada pubolik, siapa institusi kita, bagaimana institusi kita dan bagaimana kinerja di institusi kita. agar kemudian publik tau dan memahami apa yang sedang kita kerjakan dan apa yang sedang kita perbuat"ungkap Ketua KPU RI, Ilham Saputra. Menurut beliau Humas Harus mempunyai skill bagaimana mengemas seluruh berita  dan kegiatan untuk disampaikan kepada masyarakat. Lebih lanjut beliau bercerita bahwa belajar dari pengalaman Pemilu 2019 dimana banyak berita atau meme-meme baik yang positif dan negatif banyak tersebar di media sosial. Humas berperan untuk mengelola dan mengkondisikan serta menjawab dengan baik kepada publik isu-isu tersebut. 'dengan adanya Bakohumas dapat memaksimalkan peran tersebut, kami menyadari dilingkungan KPU belum maksimal sehingga dengan adanya kegiatan ini dapat belajar dari pemateri-pemateri yang dihadirkan"ungkapnya

Divisi Sosialisasi dan Pendidikan Pemilih KPU RI, I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi dalam rapat koordinasi (rakor) Bakohumas yang diselenggarakan secara daring (zoom meeting) menyampaikan 6 tujuan dibentuknya Bakohumas KPU diantaranya adalah :

  1. Terciptanya SDM Kehumasan di KPU yang berkualitas, komunikatif, aspiratif, profesional dan kompeten.
  2. Terciptanya hubungan kemitraan yang baik dengan para pemangku kepentingan terkait dalam penyampaian informasi kepemiluan secara berjenjang dan berkelanjutan.
  3. Tersosialisasikannya kebijakan dan program KPU kepada internal (KPU Provinsi dan Kabupaten/Kota) dan eksternal (publik).
  4. Membangun opini publik yang positif terkait informasi kepemiluan dan menyebarluaskannya secara masif.
  5. Meningkatkan partisipasi masyarakat dalam mengakses informasi kepemiluan dan meningkatkan citra lembaga serta kepercayaan publik pada KPU.
  6. Tersedianya data dan pelayanan informasi publik terkait kepemiluan yang terdepan dan terupdate bagi masyarakat.

(ARN/TKMS)