0721250960

kpuprovlampung@qmail.id

Jalan Gajah Mada No.87 Kedamaian, Kota Bandar Lampung

KPU LAMPUNG Gelar Rapat Rekapitulasi Bulanan Data Pemilih Berkelanjutan Bulan April 2021

By Admin

06 Mei 2021

77 Pembaca

Dalam rangka terus menjaga, memelihara dan memutakhirkan data pemilih secara berkala, KPU Provinsi Lampung melakukan rapat internal rekapitulasi Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan di tingkat provinsi (06/05/2021). Rapat internal rekapitulasi ini akan dilakukan secara berkala setiap 1 (satu) bulan sekali baik di tingkat KPU kabupaten/kota maupun provinsi.  Sedangkan rapat koordinasi KPU provinsi dengan para stakeholder lain seperti partai politik, Bawaslu dan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil tingkat provinsi dilakukan per 6 (enam) bulan sekali yang sebelumnya dilakukan per 3 (tiga) bulan sekali, sedangkan rapat koordinasi antar pihak untuk tingkat KPU Kabupaten/Kota dilakukan setiap 3 (tiga) bulan sekali yang sebelumnya dilakukan per 1 (satu) bulan sekali, hal ini sesuai SE KPU RI 366/2021 perubahan atas SE 132/2021. 

Pemutakhiran data pemilih berkelanjutan bertujuan untuk memperbaharui data pemilih seperti menambah pemilih baru yang belum terdaftar, pemilih yang sudah tidak memenuhi syarat, dan perubahan elemen data pemilih. Selain itu pemutakhiran data pemilih berkelanjutan bertujuan guna mempermudah proses pemutakhiran data dan penyusunan daftar pemilih pada pemilu/pemilihan berikutnya.  

Adapun rekapitulasi  data pemilih berkelanjutan (DPB) sebelumnya 5.973.790 (Lima Juta Sembilan Ratus Tujuh Puluh Tiga Ribu Tujuh Ratus Sembilan Puluh), sedangkan data pemilih berkelanjutan bulan april 2021 yaitu berjumlah 5.972.307 (Lima Juta Sembilan Ratus Tujuh Puluh Dua Ribu Tiga Ratus Tujuh). Pembaharuan data yang berhasil dilakukan di 15 KPU kabupaten/kota bulan April 2021 yaitu terdiri dari Pemilih TMS (Tidak Memenuhi Syarat) sejumlah 2.095 (Dua Ribu Sembilan Puluh Lima), Penambahan pemilih baru sebanyak 612 (Enam Ratus Dua Belas) dan perbaikan ubah data sebanyak 0 (Nol). 

Hasil rekapitulasi data pemilih berkelanjutan dalam setiap bulan akan diumumkan di papan pengumuman dan di laman KPU Provinsi Lampung selain secara resmi akan disampaikan kepada pihak-pihak terkait seperti Bawaslu Lampung, Partai - partai Politik tingkat provinsi dan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Provinsi Lampung. 

Untuk kerja - kerja pemutakhiran data pemilih berkelanjutan dalam setiap bulannya KPU Provinsi Lampung membuka Layanan Data Pemilih baik secara offline maupun online. Layanan data pemilih masyarakat Lampung bisa di akses dengan mengklik link laman http://Klinikdata.lampung.kpu.go.id. Masyarakat Lampung dapat mengecek apakah sudah terdaftar dalam DPT atau belum, jika belum maka silahkan isi elemen data-data pemilih sesuai identitas kependudukan KTP elektronik dan Kartu Keluarga (KK). Link layanan data pemilih secara online ini akan mempermudah masyarakat untuk pengecekan data pemilih atau istilah lainnya "Data Pemilih dalam Genggaman".  Selain itu KPU Provinsi Lampung juga menyiapkan satu unit mobil KLINIK DATA PEMILIH yang akan mobile melakukan sosialisasi dan pendidikan pemilih terkait layanan data pemilih ke masyarakat. 

KPU Provinsi Lampung berharap masyarakat dapat berperan dan berpartisipasi aktif dalam kerja - kerja pemutakhiran data pemilih berkelanjutan yang dilakukan di masing-masing KPU kabupaten/kota se provinsi Lampung. Partisipasi aktif itu bisa dengan mengecek apakah sudah terdaftar dalam DPT atau belum, jika belum silahkan sampaikan data identitas kependudukannya melalui layanan data pemilih yang sudah disedikan baik secara offline maupun online. Peran aktif masyarakat penting dilakukan agar data dan daftar pemilih dapat dimutakhirkan dan terupdate setiap saat. 
___
Tim Datin KPU Provinsi Lampung

Data Berita Acara Dafiar Pemilih Berkelanjutan Bulan April Tahun 2021 dapat didwonlaod melalui link berikut : Klik DISINI